Sejarah Hari Ini - Emas Tontowi/Liliyana di Hari Kemerdekaan, Hidupkan Lagi Tradisi Indonesia di Olimpiade

By Agung Kurniawan - Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:38 WIB
Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad berpose dengan medali emas Olimpiade Rio 2016 mereka. (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.NET)

BOLASPORT.COM - Indonesia pernah mendapatkan kado manis tepat di hari kemerdekaan dari pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat tampil pada Olimpiade Rio 2016.

Sudah bukan rahasia lagi jika bulu tangkis menjadi olahraga andalan Indonesia di berbagai event olahraga termasuk Olimpiade Rio 2016.

Pada Olimpiade Rio 2016 tersebut, Indonesia mendapatkan medali emas melalui pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Medali emas pada Olimpiade Rio 2016 dari Tontowi/Liliyana ini kian manis karena mereka meraihnya tepat di hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Dalam perjalanannya meraih medali tertinggi, Tontowi/Liliyana berhasil mengalahkan lawan-lawan tangguh.

Bahkan, Tontowi/Liliyana harus terlibat derbi Indonesia pada babak perempat final saat bersua pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Ujian berat datang pada babak semifinal, di mana Tontowi/Liliyana harus berhadapan dengan wakil China, Zhang Nan/Zhao Yunlei sebagai unggulan pertama.

Siapa sangka, dengan status unggulan ketiga Tontowi/Liliyana melenggang ke final usai menang dua gim langsung atas Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Hendrawan Tak Ingin Media Malaysia Ganggu Karier Anak Asuhnya