PIALA DUNIA - Jalan Terakhir Cile demi Mentas di Piala Dunia 2022

By Khasan Rochmad - Kamis, 15 September 2022 | 14:15 WIB
Arturo Vidal duduk lesu setelah Cile dikalahkan Uruguay di Santiago (29/3/2022), pada kualifikasi Piala Dunia 2022. (ALBERTO VALDES/AFP)

BOLASPORT.COM - Federasi Sepak Bola Cile akan menempuh jalan terakhir pada sidang banding setelah FIFA memutuskan untuk menolak komplain identitas palsu yang melibatkan pemain timnas Ekuador, Byron Castillo.

Jalan terjal bakal ditempuh oleh Federacion de Futbol de Chile (FFC) atau Federasi Sepak Bola Cile demi para pemain mereka mentas di Piala Dunia 2022.

Timnas Cile sejatinya sudah diputuskan tak ambil bagian dalam kompetisi di Qatar setelah pada babak kualifikasi zona Amerika Selatan hanya menempati urutan ketujuh.

Namun, pada Mei lalu, Cile mengajukan komplain bahwa pemain timnas Ekuador, Byron Castillo, dilaporkan pemain ilegal.

Cile mengklaim tentang pemalsuan identitas yang dilakukan Ekuador dengan menyebutkan bahwa Castillo lahir di Tumaco, Kolombia, tahun 1995.

Menanggapi hal ini, Ekuador telah membuktikan bahwa Castillo lahir di daerah Playas, Ekuador, pada 1998.

Polemik ini terus bergulir mengingat bahwa jika ajuan banding dari Cile berhasil, maka Arturo Vidal dkk. bisa mentas menggantikan Ekuador di Piala Dunia.

Pasalnya, Castillo bermain dalam delapan pertandingan selama babak kualifikasi dan jika banding memenangkan Cile, maka Ekuador akan mendapatkan kekalahan dari jumlah tersebut.

Baca Juga: PIALA DUNIA - Masuk Pra-Daftar Luis Enrique, Kans Sergio Ramos ke Piala Dunia 2022 Terbuka Lebar