KILAS BALIK - Akhiri Digdaya China, Indonesia Perdana Rebut Piala Suhandinata Usai Gagal 3 Kali Beruntun

By Wahid Fahrur Annas - Jumat, 7 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Tim bulu tangkis Indonesia berpose dengan Piala Suhandinata setelah mengalahkan China 3-1 pada final beregu Kejuaraan Dunia Junior 2019 di Kazan, Rusia, Sabtu (5/10/2019). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Tim junior bulu bulutangkis Indonesia bersiap untuk bertanding pada Kejuaraan Dunia Junior 2022 di Santanden, Spanyol.

Kejuaraan Dunia Junior merupakan kompetisi yang paling bergengsi bagi para pemain muda bulu tangkis di seluruh dunia.

Dari dua nomor yang dipertandingka, kompetisi beregu campuran menjadi kebanggan karena setiap Negara berlomba-lomba akan memperebutkan Piala Suhandinata.

Nama Suhandinata diambil dari salah satu tokoh penting dalam olahraga tepok bulu di dunia yang berasal dari Indonesia yaitu bernama Suharso Suhandinata.

Meski begitu, Indonesia dalam sejarahnya baru pertama kali mampu membawa pulang Piala Suhandinata ke pangkuan ibu pertiwi sejak pertama kali digelar pada tahun 2000 silam.

Hanya ada empat Negara yang baru berhasil menggondol gelar juara Piala Suhandinata yakni China, Malaysia, Korea Selatan, dan Indonesia.

Baca Juga: Ambisi Tim Muda Bulu Tangkis Indonesia Pertahankan Gelar pada Kejuaraan Dunia Junior 2022

China mengoleksi paling banyak dengan torehan juara sebanyak 13 kali, kemudian Korea dua kali, dan masing-masing satu kali untuk Indonesia dan Malaysia.

Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan memboyong Piala Suhandinata pada edisi terakhir Kejuaraan Dunia Junior tahun 2019 di Kazan, Rusia.