Starting Grid MotoGP Australia 2022 - Akankah Marquez Ganggu Bagnaia Rebut Posisi Juara Dunia?

By Delia Mustikasari - Minggu, 16 Oktober 2022 | 06:00 WIB
Dari kiri ke kanan, Marc Marquez (Repsol Honda), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Francesco Bagnaia (Ducati) setelah sesi kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, meraih pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Australia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022).

Jorge Martin berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 27,767 detik. Marc Marquez (Repsol Honda) dan Francesco Bagnaia (Ducati) akan mengawali balapan dari posisi kedua dan ketiga. 

Melengkapi urutan lima besar adalah Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara dengan keunggulan dua poin saja dari pembalap di bawahnya, Francesco Bagnaia.

Baca Juga: MotoGP Australia 2022 - Marc Marquez Kena Sentil Gara-gara Makin Asyik Pakai Siasat Towing

Selain start dari posisi pertama, Martin juga mencetak sejarah dalam kualifikasi MotoGP Australia dengan memecahkan rekor putaran terbaik yang telah bertahan sembilan tahun di Phillip Island.

Sebelumnya, rekor putaran terbaik dibukukan oleh Jorge Lorenzo pada 2013 saat bersama Yamaha.

Bagi Martin, ini meupakan pole position ketujuh pada MotoGP. Sebelumnya, dia meraih pole position pada GP Qatar dan GP Americas.

Martin menjadi pembalap Ducati kedua yang meraih pole position di Phillip Island bersama Casey Stoner pada 2008, 2009 dan 2010; 2010 juga merupakan kemenangan terbaru Ducati di lintasan di kelas utama.

Selain itu, ini adalah pole position ke-14 Ducati musim ini, memperpanjang rekor pabrikan Bologna dalam satu musim MotoGP.

Sementara itu, Marquez yang berada di urutan kedua, artinya dia selalu lolos di baris depan di Phillip Island setiap tahun sejak dia melangkah ke MotoGP pada 2013. Dia akan mengincar kemenangan untuk pertama kalinya sejak GP Emilia-Romagna.