5 Jenis Olahraga Gym Untuk Menguatkan Kelompok Otot Tubuh

By Imadudin Adam - Senin, 24 Oktober 2022 | 23:41 WIB
Cristiano Ronaldo mengalami perubahan otot saat memperkuat Manchester United. (TWITTER.COM/PARIERAUTREMENT)

BOLASPORT.COM - Setiap orang pastinya ingin memiliki postur tubuh ideal. Tentunya, untuk mendapatkan postur tubuh tersebut, kita perlu berusaha keras, dari menjaga pola makan hingga mengimbanginya dengan olahraga.

Namun, sebelum mulai olahraga, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kelompok otot mana yang akan menjadi titik fokus. Jadi, kamu bisa mengejar tujuan kamu tersebut dengan olahraga yang tepat.

Baca Juga: Ivar Jenner Ungkap Alasan Pilih Indonesia dan Siap Balas Rasa Cinta

Lantas, apa saja jenis olahraga sesuai dengan kelompok otot tubuh? Simak berikut ini.  

Leg Day

Kaki merupakan pondasi dari tubuh kita yang harus kita jaga agar tetap kuat. Nah, latihan khusus untuk melatih otot kaki disebut leg day. Gerakan leg day yang paling umum dilakukan adalah squat.

Cara melakukan gerakan ini dimulai dari posisi kedua kaki terbuka selebar bahu, lalu perlahan tekuk lutut dan turunkan bokong ke bawah. Kamu juga bisa melakukan berbagai variasi gerakan squat lainnya untuk melatih otot kaki, seperti sumo squat, split squat, dan lainnya.

Arm Day

Memiliki lengan berotot tentunya bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Nah, untuk melakukan arm day, kita perlu fokus latihan gym pada bagian tangan, khususnya bicep, tricep, dan forearm.

Caranya dengan gerakan mengangkat beban dari posisi tangan lurus hingga 90° untuk fokus pada bicep curl dan hummer curl.