Klasemen Akhir MotoGP 2022 - Daftar Juara Dunia Konstruktur hingga Rookie Terbaik

By Delia Mustikasari - Senin, 7 November 2022 | 00:00 WIB
Dari kiri ke kanan, (Juara Dunia Moto2) Augusto Fernandez (Kalex Red Bull KTM Ajo ), (Juara Dunia MotoGP 2022) Francesco Bagnaia , dan Juara Dunia Moto3 (Gaviota GASGAS Aspar Team) Izan Guevara berpose setelah MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (6/11/2022). (JOSE JORDAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Balapan penutup MotoGP 2022, GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol telah resmi berakhir pada Minggu (6/11/2022).

Alex Rins (Suzuki Ecstar) menutup kiprah timnya pada balapan MotoGP dengan kemenangan, diikuti Brad Binder (Red Bull KTM) dan Jorge Martin (Pramac Racing).

Namun, Francesco Bagnaia (Ducati) memastikan diri meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2022 seusai finis di urutan ke-9 pada balapan MotoGP Valencia 2022.

Tambahan tujuh poin cukup bagi Bagnaia menyudahi puasa gelar Ducati setelah 15 tahun lamanya. Terakhir kali pembalap Ducati yang mempersembahkan gelar juara dunia adalah Casey Stoner (Australia).

Baca Juga: Raih Gelar Juara dengan Pecahkan 4 Rekor, Bagnaia: Ini adalah Balapan Tersulit

Pesaing Terdekat Bagnaia untuk meraih titel juara dunia, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) hanya finis di posisi keempat.

Bagnaia menjadi Juara Dunia MotoGP 2022 setelah mengoleksi 265 poin. Dia unggul 17 angka atas pesaing terdekatnya, Quartararo yang musim lalu menjadi juara dunia.

Kemenangan Bagnaia juga menyempurnakan raihan Ducati yang sebelumnya telah mengunci gelar juara dunia konstruktor dan tim musim ini.

Posisi ketiga diisi oleh Enea Bastianini (Gresini Racing) yang musim depan akan menjadi rekan satu tim Bagnaia.

Peraih penghargaan BMW M Award adalah Bagnaia. Pembalap berusia 25 tahun itu memimpin kategori BMW M Award dengan torehan 293 poin, disusul Martin, dan Quartararo.