Jangan Mimpi! Juara Dunia Masih Terlalu Dini Bagi Aprilia

By Wawan Saputra - Senin, 14 November 2022 | 00:00 WIB
Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro pada sesi tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Selasa (8/11/2022) (DOK. PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Direktuk teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano mengatakan bahwa mimpi Aprilia untuk menjadi juara dunia MotoGP masih terlalu dini untuk diwujudkan.

Tahun ini menjadi titik balik Aprilia di kelas utama MotoGP, pasalnya penampilan para pembalapnya menunjukkan perubahan menuju ke arah yang tepat.

Berkat penampilannya yang cukup konsisten, Aleix Espargaro yang pada awal musim tidak diperhitungkan sama sekali berhasil menjadi salah satu penantang gelar.

Sepanjang musim 2022, Espargaro berhasil enam kali naik podium dan konsisten menyelesaikan balapan di zona poin.

Dua kesalahan terbesar Espargaro musim ini adalah finis ke-16 pada MotoGP Jepang dan gagal menyentuh garis finis pada seri penutup di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (6/11/2022).

Espargaro berhasil mengakhiri musim 2022 dengan menempati posisi keempat di klasemen akhir, setelah mengumpulkan 212 poin dari 20 balapan.

Sementara itu, Maverick Vinales mulai menunjukkan tajinya lagi, terutama setelah jeda musim panas.

Juara dunia Moto3 tahun 2013 tersebut, berhasil meraih podium pertamanya bersama Aprilia pada MotoGP Belanda.

Namun, menjelang musim 2022 berakhir, terutama pada balapan di luar Eropa Aprilia kerap didera masalah teknis yang membuat penampilan dua pembalapnya kurang memuaskan.