Ada 21 Debutan pada BWF World Tour Finals 2022, 6 Diantaranya asal Indonesia

By Delia Mustikasari - Minggu, 4 Desember 2022 | 17:30 WIB
Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, sedang pamer medali juara satu di Indonesia Masters 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Persaingan cabang olahraga bulu tangkis di level dunia semakin ketat. Dari 64 atlet yang berpartisipasi pada BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, 7-11 Desember, sebanyak 21 di antaranya berstatus debutan atau pendatang baru.

Dari sektor tunggal putra, ada Prannoy HS (India/30 tahun), Kodai Naraoka (Jepang/21 tahun), Lu Guang Zu (China/26 tahun), dan Loh Kean Yew (Singapura/25 tahun).

Prannoy adalah pendatang baru tertua di edisi ini meski tidak memenangkan gelar pada turnamen BWF World Tour 2022. Hanya Viktor Axelsen (Denmark) dan Chou Tien Chen (Taiwan) yang finis di atas peringkat ke-12 dunia pada klasemen Race to Bangkok.

Pada sektor tunggal putri, wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, menjadi pendatang baru pada BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga: Jelang BWF World Tour Finals 2022, Indonesia Bawa Optimisme Ke Bangkok

Juara Dunia Junior 2017 ini adalah pebulu tangkis tunggal putri pertama dari Indonesia yang mencapai BWF World Tour Finals.

Indonesia diwakili, Fajar Alfian (27) dan Muhammad Rian Ardianto (26) yang menjadi debutan dari sektor ganda putra.

Setelah itu, ada Ou Xuan Yi (China/28) yang saat ini berpasangan dengan Liu Yu Chen. Liu sudah pernah tampil pada BWF World Tour Finals saat berpasangan dengan Li Jun Hui dalam dua edisi.

Sembilan tahun setelah debut internasionalnya, Ou akhirnya lolos ke BWF World Tour Finals melalui bantuan Liu Yu Chen.

Peringkat dunia tertinggi Ou di sektor ganda putra sebelum tahun ini adalah ranking ke-20 bersama Ren Xiang Yu pada 2018.