36 Tahun Lalu, Portugal Pernah Dikangkangi Maroko di Piala Dunia

By Daniel Sianturi - Rabu, 7 Desember 2022 | 09:30 WIB
Timnas Maroko merayakan keberhasilan lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Spanyol, Selasa (6/12/2022) di Al Rayyan. (TWITTER)

BOLASPORT.COM - Tinta emas baru telah berhasil ditorehkan timnas Maroko dalam kiprah mereka sepanjang sejarah keikutsertaan di putaran final Piala Dunia.

Keberhasilan Maroko menyingkirkan Spanyol telah menjadikan tim berjulukan Singa Atlas tersebut menapakkan kaki di babak perempat final Piala Dunia untuk kali pertama.

Pencapaian terbaik sebelumnya yang diraih Maroko adalah saat menjadi wakil pertama zona Afrika yang berhasil lolos ke fase gugur pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Sedikit kemiripan hadir dalam kiprah timnas Maroko di Qatar tahun ini dengan apa yang mereka lalui di Meksiko lebih dari 36 tahun silam.

Paling tidak Maroko akan menjalani empat pertandingan melawan wakil Eropa di Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia Meksiko 1986, Maroko tergabung dengan tiga wakil Eropa di babak penyisihan grup.

Baca Juga: PIALA DUNIA 2022 - Lolos ke Perempat Final, Maroko Menuju Sejarah Baru

Sempat dipandang sebelah mata, tak satu pun dari tiga tim Eropa di babak penyisihan Grup F kala itu mampu mengalahkan Maroko.

Saat itu Badou Zaki dkk. bahkan lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup di atas Inggris, Polandia, dan Portugal.