Tes Pramusim MotoGP Sepang - Kompromi Fabio Quartararo terhadap Peningkatan Top Speed Yamaha

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:45 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, saat tampil pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, 10 Februari 2023. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, senang dengan peningkatan top speed alias kecepatan tertinggi dari motor barunya. Namun, ada harga yang harus dibayar.

Quartararo akhirnya mendapatkan peningkatan top speed yang merupakan permintaan utamanya dalam pengembangan motor YZR-M1 sejak lama.

Saat hari pertama Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Jumat (11/2/2023), Quartararo menjadi sorotan karena membukukan salah satu top speed terbaik.

Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai Quartararo kemarin adalah 334,3 kilometer per jam (kpj).

Torehan runner-up kejuaraan musim lalu tersebut hanya tertinggal 2 kpj dari Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang mengendarai Ducati.

Adapun soal catatan waktu lap, Quartararo hanya berada di posisi ke-11. Waktu lap terbaiknya adalah 1 menit 59,422 detik.

Akan tetapi, berbeda dengan pemilik waktu lap tercepat kemarin yaitu Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Quartararo tidak melakukan time attack.

"Hari pertama terasa sulit, terutama di pagi hari, karena kami memakai beberapa ban yang tidak saya sukai, terutama ban depan soft (lunak)," kata Quartararo dalam rilis tim Yamaha.

"Tetapi kami mencoba banyak hal hari ini. Beberapa di antaranya positif, terutama kecepatan tertinggi yang meningkat."

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP Sepang - Marco Bezzecchi Tercepat, Ducati Dominasi Hari Pertama