Joan Mir Mulai Berani Sindir Honda RC213V: Ini Motor atau Pesawat?

By Nestri Y - Senin, 13 Maret 2023 | 14:45 WIB
Pembalap Repsol Honda, Joan Mir, masih mengeluhkan banyak hal usai tes pramusim MotoGP di Portugal (11-12 Maret 2023). (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Joan Mir, mengeluarkan unek-uneknya soal masalah pada motornya selama Tes MotoGP Portimao.

Alarm bahaya Honda masih berdering setelah hasil yang kurang memuaskan dalam tes pramusim terakhir di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, akhir pekan lalu, 11-12 Maret 2023.

Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Joan Mir, masih belum percaya diri untuk bisa bersaing di posisi depan.

Mir yang sebelumnya tidak banyak berkomentar, kini menumpahkan rasa tidak puasnya terhadap masalah pada RC213V 2023.

Kendati menjadi pembalap Honda dengan catatan waktu terbaik saat Tes MotoGP Portimao, juara dunia dua kali itu gerah dengan karakter mesin yang terlalu agresif.

Penyaluran tenaga yang kurang halus menyulitkan Mir dalam mencegah wheelie atau kondisi ketika ban depan terangkat sehingga mengganggu akselerasi.

"Selama latihan start, saya mengalami wheelie sehingga hampir mengira RC213V saya akan lepas landas seperti pesawat," keluh Mir dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

"Saya tidak melihat ada masalah pada bagian elektronik seperti yang terjadi pada karakteristik mesin yang terlalu agresif," lanjutnya.

Masalah itu dikombinasikan dengan kurva torsi pada motor pabrikan berlogo sayap tunggal yang disebut brutal.

Baca Juga: Tak Tersentuh Saat Tes Pramusim, Bagnaia 100 Persen Siap Mengarungi MotoGP