SEA Games 2023 - Bawa Nama Papua, Medi Yoku Ingin Beri Pembuktian pada SEA Games Pertamanya

By Delia Mustikasari - Jumat, 21 April 2023 | 11:20 WIB
Atlet Timnas Voli Putri Indonesia, Medi Yoku, yang ditemui usai latihan persiapan menuju Sea Games Kamboja 2023, di kawasan Sentul, Jawa Barat, Kamis (13/04/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Sebanyak 14 pebola voli putri Indonesia tengah menjalani persiapan SEA Games 2023 sejak 1 April di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dari 14 nama yang dipanggil Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), ada empat pemain debutan pada SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei. Salah satunya adalah Mediol Stiovanny Yoku.

Medi (sapaan akrab Mediol Stiovanny Yoku) menjadi satu-satunya pemain asal Papua yang masuk dalam timnas voli putri Indonesia untuk SEA Games 2023.

Meski begitu, pemain terbaik pada Proliga 2023 itu mengakui bahwa dia bisa menyesuaikan diri dengan baik karena latihan digelar ditengah bulan Ramadhan dan mayoritas pemain menjalankan ibadah puasa.

"Kalau saya nasrani, untuk latihan saya juga menyesuaikan dengan kakak-kakak dan teman-teman lain muslim yang sedang berpuasa," kata Medi kepada BolaSport.com di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Ini SEA Games pertama saya, masih junior juga. Saya bertemu dengan kakak-kakak yang membantu saya selama latihan disini. Jadi, kami tidak merasa takut. Situasinya selalu terjaga," ucap pemain berusia 23 tahun ini.

Membawa nama Papua di tengah dominasi pemain asal Jawa, pemain kelahiran Sentani, Jayapura mengaku senang.

"Saya senang dan ada rasa bangga juga bisa bawa nama Papua kesini. Jadi, semoga bukan hanya berhenti di saya saja, tetapi ada yang dari Papua juga bisa masuk timnas," aku Medi.

"Saya tidak merasa canggung di tengah banyak pemain pulau jawa soalnya saya sudah lama juga di Jawa Timur kurang lebih lima tahun."

Baca Juga: SEA Games 2023 - Dapat Pujian Pelatih asal China, Aqil Anggara Enggan Cepat Puas