SEA Games 2023 - Tim Voli Putri Indonesia Tetap Bawa 14 Pemain meski yang Bertanding 12 Orang

By Delia Mustikasari - Minggu, 30 April 2023 | 06:00 WIB
Tim voli putri Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja berpose di Padepokan Voli Sentul, Bogor Jawa Barat. (PBVSI)

BOLASPORT.COM - Timnas bola voli putri Indonesia bertekad meraih medali perak pada SEA Games 2023 Kamboja, 5-17 Mei. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia hanya mendapat medali perunggu.

Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Thailand, Myanmar, dan Malaysia. Adapun Grup B terdiri dari Vietnam, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

"Bicara persaingan, kalau persaingan kita lawan Thailand, tahu sendiri Thailand sudah mengikuti event-event internasional," kata pelatih timnas voli putri Indonesia, Alim Suseno, seusai pelepasan timnas di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

"Yang kedua patokan kita ke Vietnam. Kalau kita mau perak, mau tidak mau harus all out saat bertemu pada empat besar," ucap Alim dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

Menurut Alim, dengan satu pul bersama Thailand, Myanmar, dan Malaysia, Indonesia harus meraih dua kemenangan. Kemenangan itu digapai dengan mengalahkan Myanmar dan Malaysia.

"Jadi harus kami ambil dua kali kemenangan untuk ke semifinal. Insya Allah ketemunya Vietnam pada semifinal," ujar Alim

Timnas Indonesia tetap membawa 14 pemain ke SEA Games 2023 meski yang akan bermain 12 orang.

Dengan hanya membawa 12 pemain, quick spiker dan libero akan menjadi berkurang 1 orang.

"Kami akan memanfaatkan 12 pemain yang ada. Dengan libero satu dan satu spiker keluar, notabene membawa 4 outside, 2 opposite, 3 quicker, dan 1 libero (dua lagi tosser)," kata Alim.

Saat ditanya mengapa tidak membawa 2 libero sehingga aman jika satu cedera atau kelelahan, Alim mengatakan, akan disiapkan salah satu dari 11 pemain lainnya.