Klasemen Medali SEA Games 2023 - Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia

By Agung Kurniawan - Selasa, 16 Mei 2023 | 23:29 WIB
Logo SEA Games 2023 Kamboja. (CAMBODIA2021.COM)

BOLASPORT.COM - Torehan medali emas dari cabang olahraga (cabor) sepak bola membuat kontingen Indonesia semakin nyaman menduduki posisi tiga besar perolehan medali SEA Games 2023.

Sejarah tercipta dari cabor sepak bola di mana Indonesia sukses mengakhiri penantian panjang setelah 32 tahun untuk menggenggam medali emas SEA Games.

Dalam laga final melawan Thailand di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) skuad Garuda menang dengan skor 5-2 melalui tambahan waktu.

Pertandingan tersebut berjalan cukup ketat dan keras dengan diwarnai total empat kartu merah, satu untuk Indonesia dan tiga untuk Tim Negeri Gajah Putih.

Indonesia mengawali laga tersebut dengan apik melalui dwigol yang diciptakan oleh Ramadhan Sananta 20' dan 45+3'.

Pada babak kedua, Thailand berhasil membalas dua gol tersebut untuk memaksa Marselino Ferdinan dkk menajalani extra time.

Sempat diwarnai insiden keributan antar oficial, Indonesia berhasil unggul pada awal babak tambahan pertama melalui Irfan Jauhar 92'.

Dua gol tambahan datang dari Fajar Fathurrahman 106', Beckham Putra 120' sehingga Indonesia bisa memastikan medali Emas SEA Games 2023 ini.

Torehan dari sepak bola ini menggenapkan pundi-pundi medali emas Indonesia menjadi 87 keping.

Baca Juga: Diwarnai 4 Kartu Merah, Timnas U-22 Indonesia Sukses Akhiri Puasa Gelar di SEA Games Selama 32 Tahun Usai Kalahkan Thailand