Pengakuan Pebulu Tangkis Kamboja, Timnya Dibantu China demi Menangi Emas SEA Games 2023

By Nestri Y - Senin, 22 Mei 2023 | 09:45 WIB
Tim bulu tangkis beregu campuran Kamboja berdiri di podium usai memenangi medali emas sepanjang sejarah pada SEA Games 2023. (KHMER TIMES)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis Kamboja mengakui bahwa keberhasilan mereka meraih medali emas SEA Games 2023 untuk pertama kalinya dalam sejarah tidak lepas dari bantuan China.

Kemenangan Kamboja pada event beregu campuran SEA Games 2023 lalu jelas menjadi "sejarah tersendiri" bagi bulu tangkis mereka.

Skuad Negeri Angkor Wat selama ini tak pernah memenangi emas di cabang olahraga tersebut, perak dan perunggu pun tidak pernah.

Baca Juga: Rekap Bulu Tangkis Beregu SEA Games 2023 - Indonesia Rajai ASEAN Lagi dan Gelagat Tak Wajar Kamboja

Kontroversi muncul karena nomor beregu campuran, yang baru dipertandingkan pada edisi kali ini, hanya boleh diikuti oleh negara-negara berkembang di jagat bulu tangkis.

Namun bukan hal-hal itu saja yang membuat Kamboja akhirnya naik ke podium tertinggi usai mengalahkan Myanmar secara dramatis pada babak final.

Pebulu tangkis putra Kamboja, Yam Samnang, mengaku bahwa kesuksesan tim mereka tidak lepas dari bantuan China.

Maksud bantuan dari China di sini ialah para pemain Kamboja diundang untuk menjalani pelatihan intens di China selama kurang lebih delapan bulan lamanya.

Terdiri dari 10 orang, kabarnya tim bulu tangkis Kamboja berlatih di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan.

Yam Samnang tidak memungkiri bahwa berlatih di China telah membantu mereka meraih medali emas bergengsi di SEA Games 2023.