Terpacu Indonesia 1938, Troussier Dapat Garansi Dana Spesial dan Semua Tuntutan untuk Loloskan Timnas Vietnam ke Piala Dunia 2026

By Eko Isdiyanto - Senin, 3 Juli 2023 | 12:24 WIB
Philippe Troussier percaya diri bisa membawa Timnas Vietnam ke Piala Dunia 2026. Foto kanan memperlihatkan momen kala kapten Hindia Belanda Achmad Nawir (kiri) memasuki lapangan menghadapi Hungaria di Piala Dunia 1938. (BAOTAYNINH.VN, TWITTER.COM/THEAFCDOTCOM)

BOLASPORT.COM - Philippe Troussier makin percaya diri mewujudkan impian meloloskan Timnas Vietnam ke Piala Dunia 2026.

Dalam wawancara dengan kantor berita internasional Reuters, pelatih asal Prancis itu mengungkapkan adanya jaminan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) untuk memenuhi semua permintaannya, termasuk dana besar, guna membawa Golden Star Warriors ke panggung dunia.

Apalagi dengan terbukanya kesempatan yang lebih luas setelah FIFA menambah jumlah peserta dari 32 ke 48, yang dimulai di Piala Dunia 2026 (Kanada, Meksiko, AS).

Peluang atau harapan tim Asia bertambah besar karena kuota tiketnya meningkat dari 4,5 menjadi 8,5.

Artinya, total 8 tiket langsung lolos ditambah 1 lewat jalur play-off antar-konfederasi akan diperebutkan 46 tim Asia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Jaga Tetap Top 15 Asia, Keuntungan Besar Didapat Timnas Vietnam untuk Jalan ke Piala Dunia 2026

Menurut Troussier, penambahan itu berdampak sangat besar, tak hanya kepada negara-negara yang punya kemampuan lebih untuk tampil di Piala Dunia, tapi juga bagi Vietnam.

"Ketika sudah tahu negeri Anda tak punya harapan, bahkan kurang dari 1 persen untuk lolos ke Piala Dunia, ngapain membangun banyak lapangan? Ngapain membayar mahal pelatih asing? Ngapain memulai program teknis untuk usia muda?" ujar Troussier.

Banyak kaum tradisional, terutama negara mapan, tak senang dengan penambahan jumlah peserta dari 32 tim, yang diberlakukan sejak 1998.

Alasannya, akan berdampak pada penurunan kualitas turnamen.