Max Verstappen Dominasi F1 GP Belgia 2023 walau Bertatap Muka dengan Maut dan Penalti Turun 5 Posisi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 31 Juli 2023 | 04:45 WIB
Pembalap Red Bull Racing, memenangi balapan F1 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, 30 Juli 2023. (KENZO TRIBOUILLARD/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, masih belum terbendung usai melanjutkan tren kemenangan pada balapan seri ke-12 Formula 1 GP Belgia 2023.

Verstappen masih bisa menang walau mendapat penalti turun lima posisi start akibat pergantian girboks saat balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, Belgia, Minggu (30/7/2023).

The Flying Dutchman memulai lomba GP Belgia dari posisi keenam setelah mencetak waktu lap tercepat dalam babak kualifikasi.

Baca Juga: Menpora Lihat Potensi Mario Aji Jadi Valentino Rossi-nya Indonesia di MotoGP

Namun, bagi seseorang yang pernah menang di sirkuit yang sama dari posisi ke-14, posisi ke-6 di starting grid tentunya bukan tantangan yang mustahil untuk ditaklukkan.

Benar saja, Verstappen sudah mencium aroma podium sejak lap pertama.

Dia naik ke posisi empat setelah diuntungkan insiden antara Carlos Sainz Jr. (Ferrari) dan Oscar Piastri (McLaren) di tikungan pertama.

Upaya pembalap lain seperti untuk menyaingi Verstappen dengan strategi sama yaitu memulai dengan ban lunak, tercepat tapi paling tidak awet, tidak membuahkan hasil.

Pada lap keenam Lewis Hamilton (Mercedes) harus menyerahkan posisi ketiga ke tangan Verstappen setelah disusul di lintasan lurus Kemmel.

Tiga lap berikutnya gantian pole sitter Charles Leclerc (Ferrari) yang disusul Verstappen di sektor yang sama untuk posisi kedua.