FIBA World Cup 2023 - Debut Pahit Eks Bocah Ajaib, Ginjal Kompatriot Nikola Jokic Hilang usai Kena Sikut

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 4 September 2023 | 22:13 WIB
Potret pebola basket Serbia, Borisa Simanic, yang tampil memperkuat tim Juara Dunia dua kali ini saat FIBA World Cup 2023 di Filipina-Jepang-Indonesia. (FIBA BASKETBALL)

BOLASPORT.COM - Debut Borisa Simanic bersama tim nasional basket Serbia di FIBA World Cup 2023 berakhir tragis karena cedera yang dialami.

Simanic harus naik ke meja operasi setelah mengalami gangguan ginjal setelah tersikut Nuni Omot dalam pertandingan babak pertama penyisihan grup antara Serbia dan Sudan Selatan.

Sikut Omot menusuk sisi perut Simanic saat melepaskan diri dari adangan dalam laga terakhir di Grup B yang berlangsung di Araneta Coliseum, Quezon City, Filipina, Rabu (30/8/2023).

Simanic langsung membungkuk sambil memegangi bagian perutnya sementara Omot melepaskan layup dari bawah keranjang untuk mengubah skor menjadi 80-106 di kuarter keempat.

Power forward dengan tinggi 211cm tersebut sempat bertahan di lapangan selama hampir setengah menit sebelum ditarik keluar oleh pelatih Svetislav Pesic.

Serbia akhirnya menang dengan skor 83-115 untuk memuncaki Grup B dengan catatan tak terkalahkan.

Status juara grup membuat mereka berhak melaju ke babak penyisihan grup berikutnya untuk memperjuangkan tiket ke perempat final.

Sayangnya, Simanic tidak bisa bergabung dengan rekan-rekannya karena harus menjalani operasi dan dirawat di Makati Medical Center di Manila, Filipina.

Musibah yang dialaminya makin bertambah karena komplikasi yang muncul pasca-operasi membuat salah satu ginjalnya harus diangkat.

Baca Juga: Kanada Pulangkan Juara Bertahan Spanyol sekaligus Amankan Tiket Olimpiade