MotoGP India 2023 - Buddh Lebih Tidak Jelas daripada Mandalika, Marquez Harusnya Menang Saat Rival Meraba-raba

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 19 September 2023 | 04:30 WIB
Sirkuit Buddh yang akan menjadi venue seri balap MotoGP India. (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - MotoGP India bakal menghadirkan tantangan besar bagi pembalap yang akan tiba dengan tanda tanya. Jika melihat ke belakang, Marc Marquez paling jago dalam urusan tampil dengan kondisi "mata tertutup".

MotoGP India yang menjadi seri balap ke-13 dari kejuaraan musim ini memang mengundang kontroversi karena persiapan yang mepet.

Seperti dikutip dari GPOne, homologasi dari FIM—prasyarat bagi sirkuit agar dinyatakan layak menggelar balapan—pun diperkirakan baru tuntas pada Kamis (21/9/2023).

Artinya, pembalap bahkan tidak benar-benar mendapat jaminan soal lintasan yang akan mereka lalui sampai sehari sebelum latihan bebas pertama berlangsung.

Kondisi ini membuat pembalap tidak punya gambaran nyata tentang Sirkuit Buddh yang pernah menjadi tuan rumah balapan GP India di F1.

Apabila melihat dalam profil sirkuit di laman MotoGP.com, Sirkuit Buddh punya panjang lintasan 4,96 kilometer dengan 8 tikungan kanan dan 5 tikungan kiri.

Kecepatan puncak alias top speed bisa menjadi statistik yang dibanggakan karena kehadiran lintasan lurus sepanjang 1km dari Tikungan 3 menuju Tikungan 4.

Tentunya, informasi demikian tidak lengkap tanpa pengalaman turun langsung.

Mempelajari tata letak sirkuit melalui video game akhirnya menjadi langkah yang banyak diambil pembalap agar tidak benar-benar "buta map".

Baca Juga: Kekacauan Awali MotoGP India 2023, Firasat Buruk Bos Dorna Terjadi