MotoGP India 2023 Diragukan akibat Homologasi Trek Jelang Perlombaan

By Nestri Y - Selasa, 19 September 2023 | 17:00 WIB
Sirkuit Buddh untuk MotoGP India 2023 hanya akan diperiksa secara menyeluruh (homologas final) oleh FIM pada satu hari sebelum latihan bebas pertama, Kamis (21/9/2023) (TWITTER/@KHEL_NOW)

BOLASPORT.COM - Seri balap ke-13 MotoGP India 2023 mendatangkan kecemasan dari akibat homologasi trek yang belum rampung. Padahal, akhir pekan lomba sudah dimulai pada akhir pekan ini.

Setelah chaos yang mewarnai pekan MotoGP India 2023 akibat beberapa masalah administratif sampai wabah virus Nipah, kecemasan juga datang dari aspek teknis.

Sirkuit Buddh yang akan digunakan sebagai venue pada 22-24 September 2023 merupakan sirkuit yang lama tidak dipakai untuk event internasional.

Terakhir kali ajang balap tingkat dunia berkunjung ke sana adalah pada 2013 yaitu Formula 1.

Sirkuit Buddh tadinya memang didesain untuk balap mobil yang tidak memerlukan area run-off yang cukup luas seperti halnya balap motor.

Alhasil, diperlukan penyesuaian dari berbagai aspek dari sirkuit yang berada di wilayah Uttar Pradesh, sebelah tenggara New Delhi dengan jarak sekitar satu jam perjalanan.

Perbaikan sirkuit untuk balapan MotoGP India telah dilakukan sejak tahun lalu.

Kepala Komisi Keselamatan FIM (Federasi Motor Internasional), Tome Alfonso, melakukan inspeksi pertama pada November 2022.

Dalam kalimatnya, Alfonso meminta perubahan di sejumlah titik yang riskan.

Baca Juga: Kekacauan Awali MotoGP India 2023, Firasat Buruk Bos Dorna Terjadi