Arctic Open 2023 - Final Sengit Tunggal Putra Terbaik BAM dan Negeri Jiran, antara Gengsi dan Gelar Perdana

By Delia Mustikasari - Minggu, 15 Oktober 2023 | 14:30 WIB
Tunggal putra terbaik Malaysia, Lee Zii Jia, kembali derita early exit setelah tersingkir pada babak pertama China Open 2023 usai kalah dari Kodai Naraoka (Jepang), di Olympic Sports Center, Changzhou, China, Rabu (6/9/2023). (TWITTER/@CGTNSPORTSSCENE)

BOLASPORT.COM - Laga sarat gengsi akan terjadi pada final tunggal putra Malaysia turnamen Arctic Open 2023 yang akan mempertemukan Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong di Vantaa Energia Arena, Finlandia, Minggu (15/10/2023).

Lee merupakan tunggal putra terbaik Malaysia yang berstatus pemain independen, sementara Ng adalah tunggal putra nomor satu di pelatnas Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM).

Lee Zii Jia mengamankan tempatnya dalam penentuan gelar hari ini setelah mengalahkan lawannya pada semifinal, Anders Antonsen (Denmark) yang mundur pada pertengahan gim kedua.

Lee unggul sepanjang pertandingan, memenangkan gim pembuka 21-17 dan mempertahankan keunggulan 13-8 ketika unggulan ketiga, Antonsen mundur karena cedera kaki.

Kemenangan tersebut membuat Lee berhasil "balas dendam" terhadap Antonsen, yang mengalahkannya pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia di Kopenhagen, Denmark pada  Agustus.

Pertarungan yang ditunggu-tunggu antara Lee dan Ng akan menjadi final sesama Malaysia pertama pada turnamen BWF dalam tujuh tahun.

Final serupa sebelumnya terjadi antara Lee Chong Wei dan Iskandar Zulkarnain Zainuddin pada 2016 yakni pada Malaysia Masters Grand Prix Gold.

Dengan jaminan gelar Malaysia, sorotan beralih kepada Lee atau Ng untuk merebut gelar perdana tunggal putra Negeri Jiran pada musim ini.

Ng setelah mengalahkan Kanta Tsuneyama (Jepang) pada semifinal, mengincar gelar BWF World Tour pertamanya.

Jika Ng menang, ia akan menjadi juara tunggal putra Malaysia keempat yang meraih gelar bergabung dengan barisan Lee Chong Wei, Lee Zii Jia, dan Leong Jun Hao.