Revolusi Pembalap di Mandalika Bukan Tanpa Alasan, Grid MotoGP Terancam Masih Tak Pernah Komplet Sampai 17 Seri

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 23 Oktober 2023 | 17:58 WIB
Suasana konferensi pers usai MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023) (AGUNG KURNIAWAN/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Seri balap ke-17 MotoGP Thailand yang akan berlangsung berpotensi memperpanjang situasi buruk yang sedang terjadi di kejuaraan musim ini.

Tanpa terasa, belum pernah sekali pun balapan MotoGP musim ini diikuti oleh 22 pembalap reguler sampai kompetisi telah menuntaskan 16 seri.

Sejak balapan perdana MotoGP Portugal pada 26 Maret lalu sampai MotoGP Australia pada 21 Oktober kemarin, selalu saja ada pembalap yang izin tidak berlomba karena cedera.

Paling parah adalah seri kedua MotoGP Argentina di mana ada lima pembalap yang melewatkan balapan karena masalah fisik.

Pembalap LCR Honda, Alex Rins, menjadi rider yang paling sering absen dengan total 10 balapan telah dilewatkannya.

Rins mengalami cedera patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya karena kecelakaan hebat yang dialami saat sprint MotoGP Italia.

Sempat comeback pada MotoGP Indonesia dan mengikuti sesi latihan MotoGP Australia pada hari Jumat (20/10/2023), Rins harus kembali menepi karena kondisinya belum pulih.

Cedera Rins sempat dikhawatirkan bertambah parah setelah kecelakaan yang dialaminya dalam MotoGP Australia.

Seperti dikutip dari Crash.net, setelah berkonsultasi dengan Direktur Medis MotoGP, Angel Charte, Rins akhirnya mundur untuk mencegah kerusakan lebih serius pada kakinya.

Baca Juga: Sikap Marc Marquez Berubah, Bayangan 25 Kecelakaan Tak Surutkan Keyakinan Dani Pedrosa