Starting Grid MotoGP Qatar 2023 Usai Aleix Espargaro Kena Sanksi, Malah 1 Grid dengan Murid Valentino Rossi

By Delia Mustikasari - Minggu, 19 November 2023 | 19:00 WIB
Para pembalap MotoGP saat memulai sprint race MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Sabtu (19/11/2023). (KARIM JAAFAR/AFP)

BOLASPORT.COM - Perubahan posisi terjadi setelah pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, mendapat penalti mundur enam posisi setelah terlibat insiden dengan Franco Morbidelli pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Qatar 2023, Sabtu (18/11/2023).

Namun, perubahan itu hanya terjadi mulai grid keempat dan seterusnya. Posisi grid 1-3 tidak mengalami perubahan.

Espargaro sebenarnya menyelesaikan sesi kualifikasi di Sirkuit Lusail di posisi ke-10. Namun, dia akan memulai balapan dari urutan ke-16.

Dia akan satu baris dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) dan justru lebih dekat dengan murid Valentino Rossi dari Akademi VR46 itu.

Morbidelli (Monster Energy Yamaha) akan start dari posisi ke-18.

Posisinya diisi oleh Brad Binder (Red Bull KTM) yang ada di belakangnya setelah kualifikasi.

Espargaro memberikan penjelasan pertamanya tentang insiden dengan Franco Morbidelli sambil terbaring dengan kakinya yang dibalut plester.

"Hari yang buruk, inilah saya dengan kaki terangkat," kata Espargaro dalam unggahan di sosial media pribadinya dilansir dari Crash.

"Sebenarnya ini adalah hari yang harus dilupakan. Pertama dengan insiden dengan Morbidelli, di mana saya jelas mendapat reaksi yang sangat buruk."

Baca Juga: MotoGP Qatar 2023 - Tampar Murid Valentino Rossi di FP2, Aleix Espargaro Dinanti 2 Hukuman Berat