Jadwal MotoGP Valencia 2023 - Francesco Bagnaia Bisa Juara di Hari Sabtu, Awas Dendam Kesumat Jorge Martin yang Merasa Dicurangi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 20 November 2023 | 11:00 WIB
Pembalap Prima Pramac, Jorge Martin (kanan) bersalaman dengan Francesco Bagnaia di podium MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Chang Buriram, Minggu (29/10/2023). (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP)

BOLASPORT.COM - Jadwal MotoGP Valencia 2023 menghadirkan grand finale bagi persaingan untuk gelar juara dunia yang melibatkan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Prima Pramac).

Kegagalan Francesco Bagnaia mempertahankan jarak 12 poin yang turut disebabkan kemenangan Jorge Martin dalam sprint MotoGP Qatar akhir pekan lalu memperpanjang kompetisi untuk takhta juara di MotoGP 2023.

Sosok juara dunia MotoGP 2023 akan ditentukan saat seri balap ke-20 MotoGP Valencia 2023 dihelat pada akhir pekan ini.

Cuaca dingin khas Valencia di pengujung tahun dengan prakiraan suhu sekitar 20 derajat celsius bakal tidak terasa karena panasnya kompetisi di lintasan.

Martin masih menjadi pemburu karena hasil buruk saat balapan di Qatar malah membuatnya makin tertinggal dari Bagnaia yang berstatus pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan.

Dengan koleksi 416 poin, Martin terpaut 21 poin dari Bagnaia (437) yang belum turun lagi dari puncak sejak kemenangan di MotoGP Indonesia pada pertengahan Oktober lalu.

Bagi Bagnaia, targetnya di MotoGP Valencia adalah menambah margin poin menjadi 37 angka agar tidak tersusul Martin meski sang rival menyapu bersih sprint dan balapan utama.

Nuvola Rossa memerlukan 16 poin ekstra. Ini sudah bisa didapatkannya dengan hanya finis kelima saat sprint (5 poin) dan kelima saat balapan (11 poin).

Jadi, ya, Bagnaia pada dasarnya hanya perlu selalu finis lima besar.

Baca Juga: Hasil MotoGP Qatar 2023 - Di Giannantonio Kalahkan Francesco Bagnaia, Jorge Martin Finis Ke-10