PSIS Disanksi Laga Kandang Tanpa Penonton Hingga Akhir Musim, Buntut Kerusuhan Suporter Saat Lawan PSS

By Bagas Reza Murti - Kamis, 7 Desember 2023 | 11:35 WIB
Ketua Panpel PSIS Semarang, Agung Bawono saat menemui suporter Snex dalam laga melawan PSS Sleman di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (3/12/2023). (FRANCISKUS ARIEL SETIAPUTRA/TRIBUN JATENG)

BOLASPORT.COM - PSIS Semarang resmi dihukum oleh Komdis PSSI buntut kerusuhan suporter saat lawan PSS Sleman di Stadion Jatidiri, Minggu (3/12/2023).

Melalui rilis resmi klub, PSIS dikenakan sanksi pertandingan kandang tanpa penonton hingga akhir musim.

PSIS dianggap melanggar Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 karena terjadi pengulangan kejadian yang sama yakni keributan PSIS dan suporter tim tamu.

Adapun saat PSIS menang 1-0 atas PSS, kericuhan antar suporter pecah saat laga memasuki injury time yang membuat ofisial dan pemain di bench kedua tim masuk ke lapangan karena takut terkena lemparan dari tribune.

"Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, Klub PSIS Semarang dikenakan sanksi larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat sampai dengan Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2023-2024 berakhir," bunyi Surat Komdis PSSI yang ditujukan untuk PSIS.

Baca Juga: Media Libya Konfirmasi Timnas Mereka Bakal Lawan Timnas Indonesia 2 Kali di Turki pada Akhir Desember 2023

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSIS Semarang (@psisfcofficial)

PSIS juga mendapat tambahan sanksi sebesar Rp 25 juta.

Kericuhan terjadi antara tribun utara Stadion Jatidiri yang dihuni Snex dan tribun barat yang dihuni pendukung PSS Sleman.

"Berawal dari nyanyian ejekan antara suporter Snex ke penonton Sleman," kata Panpel PSIS, Agung Bawono dilansir BolaSport.com dari Tribun Jateng.

"Nyanyian pertama sudah terabaikan, lalu nyanyian kedua terulang."