Mental Sedang Tidak Bagus, Pramudya Kusumawardana Resmi Gantung Raket

By Agung Kurniawan - Senin, 18 Desember 2023 | 21:44 WIB
Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, saat tampil pada babak kedua China Masters 2023 di Shenzhen Bay Gymnasium, Shenzhen, China, 23 November 2023. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Pemain ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana memutuskan untuk berhenti berkarier sebagai pemain bulu tangkis.

Pramudya mengambil langkah untuk berhenti sebagai pemain berlabel Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur terhitung sejak Senin, 18 Desember 2023.

Pebulutangkis kelahiran 13 Desember 2000 itu memantapkan diri untuk berhenti dari dunia tepok bulu untuk melanjutkan karier studi di Australia.

Pramudya sendiri mengaku kesehatan mental sempat terganggu sehingga berpengaruh ke dalam kehidupan pribadinya.

"Ada beberapa poin yang saya akan sampaikan mengenai alasan keputusan untuk mengundurkan diri dari PBSI dan bulutangkis Indonesia," ujar Pramudya.

"Poin pertama adalah kesehatan mental saya sedang tidak bagus."

"Hal ini tidak bagus untuk keseharian saya karena hal ini memiliki efek terhadap kehidupan saya sehingga saya membutuhkan istirahat," imbuhnya.

Pramudya pamit sendiri untuk meneruskan studi di Negeri Kangguru dengan sekolah di jurusan Sports Science dan Sports Psychology di Sydney.

Hal tersebut dilakukan Pramudya diharapkan ke depannya bisa membantu olahraga, khususnya bulutangkis, lebih berkembang di Tanah Air.

Baca Juga: Rexy Sesalkan Merananya 2 Ganda Malaysia di BWF World Tour Finals 2023, Chia/Soh Belum Terlepas dari Kutukan Fase Grup