Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Akui Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

By Wila Wildayanti - Kamis, 28 Desember 2023 | 12:30 WIB
Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia bernama Jay Idzes tiba di Kantor Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Kamis (28/12/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia Jay Noah Idzes akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Setelah menjalani sumpah, ia pun mengaku tak sabar membela timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Jay Idzes resmi menjadi WNI setelah menjalani sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Pemain yang saat ini bermain untuk klub Series B Italia Venezia FC tersebut sebenarnya sudah menjalani proses naturalisasi sejak beberapa bulan lalu.

Akan tetapi, untuk proses naturalisasi pemain berdarah Indonesia-Belanda ini bisa dipastikan lebih cepat.

Baca Juga: Jay Idzes Sah Jadi WNI, Kekuatan Timnas Indonesia Bertambah

Bahkan setelah mendapat persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI, tak menunggu lama langsung mendapat tanda tangan dari Presiden RI.

Presiden RI Joko Widodo tak lama langsung mengeluarkan surat keputusan hingga akhirnya Jay Idzes bisa menjalani sumpah hari ini.

Sebenarnya proses naturalisasi Jay bersamaan dengan Nathan Tjoe-A-On.

Hanya saja pemain tersebut belum bisa datang ke Indonesia, hingga proses sumpah menjadi WNI baru hanya diikuti oleh pemain berusia 23 tahun tersebut.

Pemain yang memiliki darah keturunan dari kakek dan neneknya ini mengaku antusias menjalani tahap-tahap proses naturalisasinya.