Curhat Rinov Rivaldy Kena Mental Saat Hasil Pertandingan Tak Sesuai dengan Persiapan tetapi Bukan karena Olimpiade

By Delia Mustikasari - Sabtu, 10 Februari 2024 | 09:38 WIB
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, saat tampil pada babak pertama Malaysia Open 2024 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Januari 2024. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy, mengaku sempat drop dalam proses pengumpulan poin jelang Olimpiade Paris 2024 bersama Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Pitha mengikuti Malaysia Open, India Open, Indonesia Masters, dan Thailand Masters 2024.

Namun, perjalanan mereka tidak sampai babak perempat final.

Atas hasil tersbut Juara Dunia Junior 2017 itu dikabarkan kondisi mentalnya menurun dan ingin mengambil jeda pertandingan untuk memulihkan semangat dan fokusnya.

Rinov mengungkapkan bahwa dia tidak dalam kondisi mental yang baik untuk bertanding dan mempertimbangkan untuk mengambil jeda turnamen, menyusul hasil yang tidak memuaskan pada Thailand Masters 2024.

Banyak yang berasumsi bahwa Rinov merasa terbebani dengan statusnya dan Pitha Haningtyas Mentari sebagai pasangan ganda campuran Indonesia yang paling berpeluang untuk lolos Olimpiade mendatang.

Kini, Rinov mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan pelatih, federasi, dan Pitha mengenai kondisi mentalnya dan perlahan mulai bangkit sedikit demi sedikit.

"Memang mental sempat drop. Cuma, ini bukan karena saya tertekan dengan persiapan Olimpiade," aku pemain 24 tahun itu.

Baca Juga: Tumbangkan Unggulan Pertama asal Thailand, Rahmat/Yeremia Pijak Semifinal untuk Lawan Unggulan Malaysia

"Hanya saja memang dari Desember, sudah persiapan dari jauh hari, tetapi mainnya tidak sesuai ekspektasi saya. Di situ ada rasa kecewa besar," ucap Rinov.