Kejuaraan Beregu Asia 2024 - Didikan Pelatih Indonesia, Remaja Peringkat 472 Dunia Jadi Pahlawan India ke Final

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:38 WIB
Tangkapan layar pertandingan antara Anmol Kharb dari India dan Natsuki Nidaira dari Jepang pada semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Selangor, Malaysia, 17 Februari 2024. (YOUTUBE.COM @BADMINTON ASIA TEAM CHAMPIONSHIPS)

BOLASPORT.COM - Tim putri India melanjutkan kejutan mereka di Kejuaraan Beregu Asia 2024 dengan kemenangan atas Jepang. Babak final pun dicapai untuk pertama kalinya.

India mengalahkan Jepang dengan skor ketat 3-2 dalam pertandingan yang dihelat di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Sabtu (17/2/2024).

Kemenangan India atas Jepang ini menjadi kejutan semenjak perbedaan kekuatan di antara kedua negara pada Kejuaraan Beregu Asia 2024.

Tengok saja line-up Jepang di tiga laga pertama.

Unggulan kedua menurunkan pemenang medali Asian Games Aya Ohori, mantan ganda putri nomor satu Nami Matsuyama/Chiharu Shida, dan Juara Dunia satu kali Nozomi Okuhara.

Akan tetapi, India mampu menang walau hanya Pusarla Venkata Sindhu serta dua pasangan ganda putri yang rutin tampil di kompetisi kelas teratas BWF.

Jepang sempat berada di atas angin ketika Ohori dapat mengalahkan Pusarla dengan skor 21-13, 22-20 untuk mencuri poin pembuka.

Akan tetapi, kehilangan poin dari amunisi utama nyatanya tak membuat India keteteran. Mereka membalas dengan tuntas pada partai kedua dan ketiga.

Baca Juga: Rekap Hasil Kejuaraan Beregu Asia 2024 - Para Srikandi Sudah Berjuang, tapi Thailand Masih Ratunya di Asia Tenggara

Pasangan Treesa Jolly/Gayatri Gopichan Pullela yang dimajukan untuk partai ganda putri kesatu menjawab kepercayaan dengan mengalahkan Matsuyama/Shida.