Evaluasi Kejuaraan Beregu Asia 2024 - Ganda Putra Indonesia Masih Dominan atas China, Tunggal Masih Kurang Pengalaman

By Delia Mustikasari - Minggu, 18 Februari 2024 | 20:25 WIB
Tim beregu putri Indonesia berpose dengan medali perunggu pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Minggu (18/2/2024). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Tim putra Indonesia menuai hasil kurang memuaskan pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Selangor, Malaysia setelah kalah dari China pada perempat final.

Padahal, pada Kejuaraan Beregu Asia 2022 tim putra Indonesia mencatat penurunan setelah menjadi runner-up seusai kalah dari Malaysia pada partai final.

Tim putri Indonesia juga mengalami penurunan setelah menjadi semifinalis setelah dua tahun sebelumnya naik podium kampiun.

"Bersyukur dengan diperkuat pemain pelapis dan muda, Indonesia menjadi semifinalis beregu putri dan perempatfinalis pada beregu putra Kejuaraan Beregu Asia 2024," kata Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky.

"Secara umum saat perempatf inal lawan China, sektor ganda putra begitu dominan," ucap Rionny dalam siaran resmi PBSI.

"Setelah gagal sumbang poin saat lawan Korea, ganda putra bisa bangkit dan bisa menyumbangkan dua angka."

"Sementara sektor tunggal, pemain kita masih kalah jam terbang dan pengalaman dari China. Meski kalah, mereka mendapat banyak pelajaran."

"Yang penting pemain juga bisa memberikan perlawanan ketat lawan China. Pemain muda seperti Alwi dan Saut harus lebih banyak belajar dan menimba pengalaman sebanyak mungkin pada ajang beregu."

Baca Juga: Indonesia Bawa Satu Gelar Juara Lewat Ruzana, Tunggal Putri 18 Tahun Itu Tumbangkan Wakil Malaysia Sekaligus Balas Kekalahan Mutiara dan Chiara

Menurut Rionny untuk putri, hasil masuk semifinal juga cukup baik.