Marc Marquez: MotoGP Harus Memilih antara Pertunjukan atau Motor yang Sempurna

By Delia Mustikasari - Sabtu, 6 April 2024 | 14:00 WIB
Ducati Spanish rider Marc Marquez attends a press conference ahead of Moto GP Portugal Grand Prix at the International circuit of Algarve in Portimao, on March 21, 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) (PATRICIA DE MELO MOREIRA)

BOLASPORT.COM - Marc Marquez, Jack Miller, dan Maverick Vinales menanggapi kemungkinan perubahan aturan teknis MotoGP untuk 2027.

Marquez terus memberikan tekanan pada MotoGP untuk memberikan pengaruh lebih besar kepada pembalap terhadap kinerja mesin mereka di peraturan mendatang.

Belum ada yang resmi, meskipun negosiasi sedang dilakukan untuk siklus lima tahun ke depan mengenai peraturan teknis yang dimulai pada 2027.

Perubahan utama diperkirakan akan melibatkan pengurangan ukuran mesin (dari 1.000 menjadi 850cc) dan aerodinamis, sementara perangkat ride-height dapat dilarang dan pembatasan bahan bakar yang lebih ketat akan diberlakukan.

Juara dunia MotoGP enam kali itu menegaskan bahwa dia ingin melihat lebih banyak kendali di tangan para pembalap untuk menghasilkan pertunjukan balap yang lebih baik.

"Itu tergantung apakah Anda ingin memiliki kategori MotoGP untuk pertunjukannya, penontonnya, atau motor yang sempurna," kata Marquez dilansir dari Crash.

"Saya lebih memilih untuk tampil di balapan ini," ucap Marquez, yang telah beralih dari Honda ke Ducati musim ini untuk mencoba mengakhiri kekeringan kemenangan selama dua tahun.

"Jika Anda menghilangkan beberapa aerodinamis, jika Anda mengeluarkan beberapa perangkat (ride-height), semua hal ini, saya yakin untuk pertunjukan itu akan lebih baik. Karena sekarang jauh lebih sulit untuk menyalip dibandingkan dulu."

"Motor yang sempurna berarti melaju dengan lebih aerodinamis, yang berarti waktu putaran akan lebih cepat."

"Namun, orang-orang di rumah tidak menyadari apakah kami satu detik lebih cepat atau lebih lambat dari TV."