Konspirasi Klub-klub Besar Eropa untuk Super League Siap Robohkan Liga Champions

By Hery Prasetyo - Sabtu, 3 November 2018 | 10:59 WIB
Santiago Solari (kiri) saat memimpin sesi latihan pertama Real Madrid di pusat latihan tim, Valdebebas, Madrid, 30 Oktober 2018. Real Madrid termasuk pentolan konspirasi klub besar Eropa yang akan mendirikan Super League. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Sebuah konspirasi klub besar Eropa, 5 klub di antaranya dari Premier League, terus bergerak membangun Super League dan merencanakan pembubaran Liga Champions.

Isu lama tentang keinginan beberapa klub besar Eropa akan membangun liga sendiri, European Super League atau Liga Super Eropa, ternyata terus bergulir.

Bahkan, Liga Super Eropa direncanakan mulai digelar pada 2021.

Klub-klub besar yang tergabung dalam konspirasi ini adalah Barcelona, Real Madrid, Juventus, Bayern Muenchen, Paris Saint-Germain, dan AC Milan.

Sedangkan klub besar dari Premier League adalah Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea dan Arsenal.

Koalisi dan konspirasi rahasia ini dikabarkan terus melakukan pembahasan diam-diam untuk merealisasikan ide tersebut.

Jika ini benar-benar terlaksana, maka Liga Champions yang digelar UEFA bisa terancam popularitasnya atau bahkan roboh.

Bahkan, liga-liga lokal pun bisa langsung hancur pamornya.

Dalam sebuah laporan yang dipublikasi media Jerman, Der Spiegel, Jumat (2/11/2018) malam disebutkan, lima klub besar Premier League itu tergabung dalam koalisi rahasia.

Pendiri Super League lainnya yang tergabung dalam diskusi itu adalah Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen, Juventus, PSG, dan AC Milan.