3 Perlakuan Rasialis di Balik Keputusan Mesut Oezil Gantung Sepatu dari Timnas Jerman

By Bagas Reza Murti - Senin, 23 Juli 2018 | 14:31 WIB
Reaksi pemain Arsenal, Mesut Oezil, pada laga Liga Inggris kontra Tottenham di Stadion Wembley, Sabtu (10/2/2018). ( IAN KINGTON / IKIMAGES / AFP )

Mesut Oezil menegaskan bahwa alasan ia gantung sepatu dari timnas Jerman adalah karena perlakuan rasialis yang diterimanya. Ia menjelaskan 3 alasan utama terkait keputusannya melalui sebuah surat terbuka yang diunggah di twitter.

Mesut Oezil mengumumkan gantung sepatu dari membela timnas Jerman pada Minggu (22/7/2018) malam atau Senin dini hari WIB.

Alasan utama mengemuka soal perlakuan rasialis yang ia terima karena ia mempunyai keturunan Turki dari orang tuanya.

Melalui surat terbuka yang ia unggah di akun twitternya, @MesutOzil1088, pemain 29 tahun mengunngkapkan 3 alasan utama di balik keputusannya.

(Baca juga: 3 Bocah Ajaib Termahal di Dunia, Salah Satunya Melebihi 650 Mobil Alphard Terbaru)


1. Media

Salah satu hal yang membuat Oezil gerah adalah reaksi publik Jerman saat ia pernah berfoto dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Media Jerman kerap mengaitkan kedekatan Oezil dan Erdogan sebagai sikap politik yang diambil Oezil untuk mendukung Erdogan.

Dalam beberapa tahun terakhir, diketahui Erdogan sering mendapat kecaman dari berbagai negara karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Turki.