Sebelum Luis Milla, Juergen Klinsmann dan Eks Pelatih Juventus Sempat Masuk Radar Timnas Indonesia

By Mochamad Hary Prasetya - Jumat, 10 Agustus 2018 | 14:01 WIB
Pemain timnas U-23 Indonesia seusai laga uji coba kontra Korea Selatan di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (23/6/2018). ( FERNANDO RANDY/BOLASPORT.COM )

Sebelum mengumumkan Luis Milla, PSSI dikabarkan sempat mendekati dua pelatih kelas dunia, Juergen Klinsmann dan Alberto Zaccheroni untuk melatih timnas Indonesia pada 2017.

Setidaknya, kabar itu dikatakan oleh mantan bek timnas Indonesia dan hasil didikan program PSSI primavera di Italia, Yeyen Tumena.

Yeyen mengatakan, seperti itu dikarenakan ia mengaku mengetahui siapa saja calon pelatih timnas Indonesia pada awal musim 2017.

(Baca juga: Pemuda 19 Tahun Ini Bisa Jadi 'Hantu' Bek Timnas U-23 Indonesia pada Laga Kedua Asian Games 2018)

Namun, PSSI akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Luis Milla yang merupakan sosok pelatih asal Spanyol itu.

PSSI akhirnya memperkenalkan Milla sebagai pelatih timnas Indonesia pada Februai 2017 bersama dengan dua asistennya yakni Miguel Gandia dan Eduardo Perez.

(Baca juga: Kalah, Menang, lalu Imbang Jadi Bekal Lawan Kedua Timnas U-23 Indonesia ke Asian Games 2018)

Ketiga pelatih itu langsung ditugaskan untuk memegang timnas U-23 Indonesia yang pada 2017-2018 akan mengikut tiga ajang yakni Kualifikasi Piala Asia U-23, SEA Games 2017, dan Asian Games 2018.

"Saya sempat melihat daftar pelatih yang akan menangani timnas Indonesia. Selain Luis Milla, ada nama Juergen Klinsmann dan Alberto Zaccheroni," kata Yeyen kepada BolaSport.com pada saat Forum Diskusi Bola belum lama ini.