6 Tips Hindari Jetlag ala Tim Marc Marquez, Salah Satunya Makan Kacang

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 7 Oktober 2017 | 18:52 WIB
Marc Marquez berswafoto dengan kru Repsol Honda usai memenangi balapan MotoGP seri San Marino, Minggu (10/9/2017). (Instagram.com/hrc_motogp)

Para pebalap MotoGP yang mayoritas berasal dari Benua Eropa akan mengalami masa-masa yang melelahkan karena harus mengunjungi 3 sirkuit di belahan dunia yang berbeda pada lanjutan ajang balap MotoGP musim 2017.

Pada bulan Oktober ini, akan ada 3 seri balapan yang akan dilaksanakan di belahan sebelah timur Bumi yaitu GP Jepang, GP Australia, dan GP Malaysia.

Para pebalap MotoGP harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru agar dapat meraih hasil baik di 3 seri krusial ini. Terutama dengan cara tidak mengalami jet lag.

Jet lag adalah perasaan kelelahan dan kebingungan setelah perjalanan udara yang panjang karena tubuh tidak mampu menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

(BACA JUGA : Jangan Berharap Yamaha Minta Valentino Rossi Bantu Maverick Vinales)

Dikutip BolaSport.com dari Boxrepsol, berikut 6 tips yang bisa dilakukan untuk terhindar dari masalah jet lag akibat perjalanan jauh:

1. Mulai gunakan zona waktu di daerah tujuanmu

Anda bisa mulai menyesuaikan diri dengan mengatur beberapa aktivitas harian seperti makan dan tidur agar sesuai dengan zona waktu daerah tujuan anda. Idealnya proses ini dilakukan dua atau tiga hari sebelum keberangkatan.

Contohnya jika anda pergi mengunjungi benua Eropa atau Amerika anda bisa mulai mengubah jadwal tidur anda satu jam lebih terlambat.

2. Tidur malam yang cukup dan hindari dehidrasi