Salah Pilih Teman, Romelu Lukaku Bisa Gagal di Manchester United

By Weshley Hutagalung - Selasa, 25 Juli 2017 | 08:37 WIB
Selebrasi striker Manchester United, Romelu Lukaku, setelah mencetak gol saat Manchester United vs Manchester City di Stadion NRG, Houston, Amerika Serikat, pada Jumat (21/7/2017). (JUARA.NET)

 Dari Eric Cantona, Nemanja Vidic, hingga Massimo Taibi dan Juan Sebastian Veron. Mau mengikuti jejak siapa, Romelu Lukaku?

Empat pemain di atas adalah bagian dari transfer Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

Nama Romelu Lukaku saya kaitkan dengan dampak aktivitas bursa transfer Setan Merah musim panas 2017.

Pembelian pemain, terlebih dengan harga “wah”,  jelas dihadapkan pada peran dan kontribusi dalam upaya mencari kemenangan di setiap laga.

Jumlah pertandingan dan menit bermain setiap anggota tim memperlihatkan kadar kepercayaan pelatih. Banyak contoh untuk memperlihatkan “hubungan” pemain dan pelatih itu.

Sejumlah hal memengaruhi keputusan pelatih menurunkan pemainnya, termasuk kualitas si pemain saat berlatih dan kontribusi saat dipercaya bertanding.

Faktor lain yang tak kalah penting dan bisa menenggelamkan kebesaran nama si pemain di klub sebelumnya adalah kemampuan beradaptasi.

Siapa yang menyangka Juan Sebastian Veron kehilangan kebesaran namanya ketika pindah dari Lazio ke Manchester United pada 2001?


Juan Sebastian Veron (kiri) ketika membela Manchester United melawan Vaalerenga pada laga persahabatan di Stadion Oslo Ullevaal, 30 Juli 2002.(CORNELIUS POPPE/AFP)

Dibeli dengan harga 28 juta pound, dua tahun kemudian Veron dilepas ke Chelsea FC dengan harga 13 juta pound.