Rafael Nadal : Jangan Campur Olahraga dengan Politik!

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 4 Oktober 2017 | 05:22 WIB
Petenis putri Spanyol, Garbine Muguruza (kanan), berpose dengan petenis putra Spanyol, Rafael Nadal, seraya memegang bendera negara mereka. Muguruza dan Nadal kini sama-sama berstatus pemain nomor 1 dunia. (Twitter/GarbiMuguruza)

  Petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, menegaskan untuk tidak mencampurkan isu politik ke dalam olahraga ketika mengomentari masalah referendum kemerdekaan Catalunya.

Salah satu topik yang ramai diperdebatkan adalah keikutsertaan klub asal Catalunya seperti Barcelona ke dalam Liga Spanyol.

"Kita harus mulai memisahkan kedua hal ini," kata Rafael Nadal seperti dilansir BolaSport.com dari The Statesman.

"Olahraga dan politik tidak sama, menurut saya. Dan saya sedih dengan apa yang terjadi."

Rafael Nadal dikenal cukup vokal soal masalah referendum tersebut terutama ketika terjadi aksi kekerasan yang terjadi pada hari Minggu (1/10/2017).

Nadal menyebutkan jika aksi kekerasan tersebut membuatnya menangis.

(Baca Juga: Jika Raih 1 Kemenangan Lagi, Juara Prancis Terbuka 2017 Ini Akan Lolos ke WTA Finals)


Petenis putra Spanyol, Rafael Nadal, berpose dengan trofi AS Terbuka 2017 yang diraihnya setelah mengalahkan Kevin Anderson (Afrika Selatan) 6-3, 6-3, 6-4 pada babak final di Arthur Ashe Stadium, Flushing Meadows, New York, Amerika Serikat, Minggu (10/9/2017) malam waktu setempat.(MATTHEW STOCKMAN/AFP PHOTO)

Diberitakan sebelumnya, proses referendum di Catalunya berlangsung dengan diwarnai aksi keras aparat anti-huru hara.

Otoritas keamanan Spanyol menerjunkan pasukan demi menggagalkan upaya pemungutan suara yang bertentangan dengan keputusan pengadilan.