Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia Diminta Belajar dari Indonesia

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 19 Juni 2019 | 17:20 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. (THE STAR)

 

BOLASPORT.COM - Mantan pemain bulu tangkis Malaysia, Ong Ewe Hock, mengatakan Malaysia harus belajar metode pengembangan pemain muda dari Indonesia setelah Lee Chong Wei pensiun.

Ong Ewe Hock yang pernah tiga kali menjadi finalis Piala Thomas bersama Malaysia meminta fans bulu tangkis Negeri Jiran tidak usah berharap banyak selama beberapa tahun ke depan.

Sebab, mendapatkan pemain dengan kualitas seperti Lee Chong Wei tidak akan terjadi dalam tempo singkat.

"Masa depan bulu tangkis Malaysia jelas suram. Sekarang kami hanya punya 9 pemain di skuad nasional, dan entah ada berapa pemain junior yang akan muncul," tutur Ong yang dikutip BolaSport.com dari The Star Malaysia.

Hal tersebut tidak lepas dari minimnya pemain Malaysia yang menjadi penantang di tingkat dunia.

Saat ini. hanya ada Lee Zii Jia yang mewakili Malaysia pada peringkat 20 BWF.

Ong Ewe Hock pun meminta Asosiasi Badminton Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) bekerja sama dengan klub-klub profesional untuk menjaring pemain muda.

"Contohlah Indonesia. Malaysia jelas tidak bisa bersaing dengan mereka. Indonesia punya lebih dari 40 pemain bagus di pentas internasional," kata Ong.

"Bagaimana mereka punya pemain sebanyak itu? Jawabannya adalah karena tidak semua datang dari tim nasional. Klub juga berjasa menempa para pemain," ucap dia melanjutkan.