Bos Repsol Honda: Kami Berencana, The Baby Alien yang Menentukan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 7 Oktober 2019 | 12:00 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpose di podium setelah memastikan gelar juara dunia MotoGP 2019 di Sirkuit Chang Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Manajer Teknik HRC (Honda Racing Corporation), Takeo Yokoyama, menyanjung tinggi Marc Marquez, sang juara MotoGP musim 2019.

"Manusia berencana, Tuhan yang menentukan" adalah pepatah yang bisa menggambarkan situasi yang dialami pabrikan Honda pada musim ini.

Kecuali, bisa jadi sosok "Tuhan" yang dialami Repsol Honda dalam pepatah itu adalah pembalap andalan mereka sendiri, Marc Marquez.

Keberhasilan Honda mempertahankan gelar juara MotoGP memang tidak terlepas dari kemampuan Marquez yang berada di atas rata-rata.

Diakui Takeo Yokoyama bahwa fokus Honda dalam pengembangan motor balap RC213V versi 2020 adalah untuk meningkatkan tenaga mesin di trek lurus.

Keputusan Honda bukannya tidak memiliki risiko.

Risiko pertama tentu saja munculnya kelemahan di sektor lain yang bakal memaksa para pembalap Honda mengubah gaya balapnya.

Padahal tiga pembalap utama: Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Cal Crutchlow tak punya cukup waktu untuk beradaptasi karena kompak menderita cedera pada akhir tahun lalu.

Baca Juga: Indonesia Masters 2019 - Kota Malang Sukses Menjadi Tuan Rumah