Gara-gara Tak Bisa Bahasa Indonesia, Eks Pelatih Timnas Indonesia Bisa Juara Liga 1 2017

By Hugo Hardianto Wijaya - Selasa, 9 Juni 2020 | 10:15 WIB
Mantan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, dalam konferensi pers jelang laga melawan timnas UEA, Rabu (9/10/2019) (Media Officers PSSI)

BOLASPORT.COM - Eks pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, merasa terkadang bahasa Indonesia tidak perlu digunakan ketika melatih pemain.

Mantan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengaku tidak terlalu bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Padahal, pelatih asal Skotlandia itu telah berada di Indonesia hampir satu dekade sejak menangani Mitra Kukar pada 2011.

Simon McMenemy memang sempat pergi dari Indonesia selama dua tahun, yakni ketika berkarier di Liga Maldives dan Filipina pada 2014-2016.

Baca Juga: Bikin Seger, 5 Potret Kegiatan Olahraga Tante Ernie yang Viral

Namun dia segera kembali ke Indonesia untuk menjadi pelatih Bhayangkara FC pada 2017 hingga akhirnya diangkat menjadi pelatih timnas Indonesia pada 2019.

Dalam bincang-bincang bersama Bayu Eka Sari alias Bang Bes, Simon bercerita bahwa dirinya pernah berdiskusi dengan mantan pelatih timnas Indonesia lainnya, Alfred Riedl.

Keduanya membahas tentang seberapa penting bagi seorang pelatih asing di suatu negara untuk bisa menggunakan bahasa nasional negara tersebut.

"Ada dua kesimpulan. Pertama, kamu belajar bahasa untuk memberikan respek di negara kamu bekerja," tutur Simon dilansir Bolasport.com dari Youtube Bang Bes.

Baca Juga: Inilah 10 Top Scorer PSIS Semarang Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Pemain Lokal