Starting Grid MotoGP Republik Ceska 2020 - Tim Pabrikan Tenggelam, Tim Satelit Berkuasa

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 9 Agustus 2020 | 07:00 WIB
Tiga pembalap teratas pada kualifikasi MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Sabtu (8/8/2020). Dari kiri: Fabio Quartararo, Johann Zarco, dan Franco Morbidelli. (TWITTER.COM/MOTOGP)

BOLASPORT.COM - MotoGP Republik Ceska 2020 menjadi panggung bagi para tim balap independen untuk menunjukkan taringnya.

Semakin ketatnya level persaingan di MotoGP memberi kesempatan bagi tim independen yang biasanya berkutat di papan tengah untuk bersinar.

Kualifikasi MotoGP Republik Ceska pada Sabtu (8/8/2020) menjadi bukti ketika tiga posisi start terdepan diborong oleh pembalap dari tim satelit.

Johann Zarco (Avintia Racing) sukses menyabet pole position meski menjadi satu dari dua rider di MotoGP 2020 yang menggunakan motor Ducati tahun lalu.

Baca Juga: MotoGP Republik Ceska 2020 - Rebut Pole Position, Johann Zarco Ogah Jemawa

Duo Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli menghuni posisi kedua dan ketiga. Sama seperti Zarco, Morbidelli juga tampil dengan motor lawas.

Posisi start keempat sebenarnya diraih oleh pembalap tim 'pabrikan' yaitu Aleix Espargaro dari Aprilia Gresini.

Namun begitu, pencapaian Espargaro terbilang kejutan mengingat Aprilia menjadi juru kunci klasemen tim MotoGP dalam tiga musim terakhir.

Aprilia juga bukan tim pabrikan sepenuhnya lantaran operasional tim mereka dikelola oleh Gresini yang merupakan tim independen di MotoGP.

Baca Juga: Dipantau Ducati untuk MotoGP 2021, Adik Valentino Rossi: Ini seperti Mimpi