Franco Morbidelli Menang, Kutukan Pole Sitter Misano Sudah Sedekade

By Agung Kurniawan - Minggu, 13 September 2020 | 21:55 WIB
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, memenangi balapan MotoGP pertamanya di Sirkuit Misano, San Marino, Minggu (13/9/2020). (SEPANG RACING TEAM)

BOLASPORT.COM - Kemenangan yang diraih pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, pada balapan MotoGP San Marino 2020 memperpanjang "kutukan" pole position di Sirkuit Misano yang sudah berjalan selama 10 tahun alias satu dekade.

Franco Morbidelli berhasil mengecap manisnya kemenangan perdana di kelas utama usai tampil gemilang pada balapan MotoGP San Marino, Minggu (13/9/2020).

Dalam balapan yang berlangsung selama 27 putaran tersebut, Morbidelli tampil dominan sejak awal hingga akhir lomba.

Dia bahkan menyentuh garis finis dengan selisih waktu lebih dari 2 detik atas pembalap Pramac Racing, Francesco Bagnaia, yang finis kedua.

Baca Juga: MotoGP San Marino 2020 - Raih Kemenangan Perdana, Franco Morbidelli Sulit Percaya

Di balik kemenangan yang ditorehkan oleh rider berkebangsaan Italia itu, tersimpan catatan unik berupa para pemegang pole position tidak akan keluar sebagai pemenang balapan.

"Kutukan" di Sirkuit Misano tersebut sudah berjalan selama 10 tahun, tepatnya semenjak Dani Pedrosa meraih kemenangan MotoGP San Marino melalui pole position pada musim 2010.

Pada musim ini, pole position yang diraih pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, tak bisa mengantarnya ke podium kampiun.

Mengalami start buruk, rider berjulukan Top Gun itu hanya bisa mengakhiri sesi balapan MotoGP San Marino 2020 di urutan keenam.

Baca Juga: Hasil MotoGP San Marino 2020 - Franco Morbidelli Gemilang, Podium ke-200 Valentino Rossi Hilang