Alasan AHM Berangkatkan Mario Suryo Aji ke Spanyol di Tengah Pandemi Covid-19

By Delia Mustikasari - Rabu, 4 November 2020 | 16:05 WIB
Pembalap AHRT Indonesia yang mengikuti FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2020 . (Jesus Robledo Blanco/AHRT)

BOLASPORT.COM - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) asal Indonesia, Mario Suryo Aji, yang mengikuti FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2020 menghadapi situasi balapan berbeda musim ini karena pandemi Covid-19.

Mario Suryo Aji kini menetap di Barcelona, di kota kecil Sant Quirze. Dia tinggal bersama teman setim, Tatchakom Buasri, dan Alex Baldolin.

Pada balapan musim ini, Mario Suryo Aji harus menjalani beberapa tes lebih dulu sebelum dinyatakan layak untuk balapan.

Baca Juga: Pembalap Indonesia Ini Gaya Balapnya Disebut Mirip Marc Marquez

Dia juga terpaksa dua seri awal CEV Moto3 di Estoril (7 Juli) dan Portimao (13 Juli) karena merebaknya Covid-19 yang membuat Spanyol melakukan karantina wilayah.

"Kami tetap memberangkatkan Mario. Kami ingin terus balapan meski ada Covid-19," kata Manajer Motorsport Dept Astra Honda Motor Rizky Christianto dalam konferensi pers virtual yang dihadiri BolaSport.com, Rabu (3/11/2020).

"Jika dilihat seri awal, kami tidak berangkat karena ada karantina wilayah disana, termasuk Indonesia. Tetapi, kami harus tetap mengutamakan keselamatan. Setelah Spanyol mulai membuka perbatasan untuk Imigrasi kami baru bisa berangkat."

"Kami juga mendapat jaminan dari Indonesia dan Dorna (penyelenggara MotoGP) bahwa protokol dilakukan secara baik," ujar Rizky.

Menurut Rizky, saat Mario hendak berangkat ke Spanyol, pihaknya mengalami kesulitan dalam persetujuan karena di beberapa area masih ada pembatasan penutupan imigrasi.

Baca Juga: Mario Suryo Aji Merasa Lebih Baik Tahun Ini meski Tanpa Rekan Senegara