Ronaldo Kwateh Bukan Pemain Keturunan Indonesia Pertama yang Dipanggil Bima Sakti, Ada Striker Blasteran Kanada

By Bagas Reza Murti - Minggu, 15 November 2020 | 05:00 WIB
Victor Dethan (paling kiri) saat dilatih Bima Sakti di pemusatan latihan timnas U-16 Indonesia di Sidoarjo, 16-29 Januari 2020 (INSTAGRAM.COM/VICTORDETHAN711)

BOLASPORT.COM - Ternyata Ronaldo Kwateh bukan pemain keturunan Indonesia pertama yang dipanggil Bima Sakti ke TC timnas U-16 Indonesia. Ada pemain lain yang lebih dulu, namun tidak lolos seleksi.

Pemanggilan pemain keturunan Indonesia menjadi hal yang jarang dilakukan oleh pelatih Bima Sakti ke skuat timnas U-16 Indonesia.

Mantan asisten pelatih Luis Milla itu bahkan sempat berujar tidak akan menambah pemain keturunan Indonesia ke skuatnya.

"Saya tidak panggil pemain keturunan," kata Bima Sakti secara singkat saat dihubungi BolaSport.com sebelum berangkat ke Uni Emirat Arab untuk berujicoba pada pertengahan Oktober 2020.

Pada Jumat (13/11/2020), PSSI merilis 26 Pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-16 Indonesia yang akan berlangsung pada 16 November hingga 29 November 2020 mendatang.

Baca Juga: Sempat Dicoret di Timnas U-19 Indonesia karena Ketiduran, 2 Pemain Ini Alami Nasib Berbeda

Dari ke-26 nama yang dipanggil, tersemat nama Roberto Joybera Kwateh yang berposisi sebagai striker.

Dengan rilis terbaru ini, Ronaldo Kwateh menjadi satu-satunya pemain keturunan Indonesia yang dipanggil Bima Sakti dalam pemusatan latihan terbaru kali ini.

Maksud pernyataan Bima Sakti sebelumnya kemungkinan adalah tidak memanggil pemain keturunan yang berkarier di luar negeri.