Alex Rins Puas dengan Tikungan Baru di Circuit-de Barcelona, Catalunya

By Delia Mustikasari - Sabtu, 6 Februari 2021 | 20:40 WIB
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, berpose setelah finis pertama pada balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (25/8/2019). (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Suzuki, Alex Rins, puas dengan tata letak yang dimodifikasi di tikungan bekas tempat parkir Circuit de Barcelona-Catalunya yang dibangun kembali pada Januari. 

Pekerjaan renovasi di Circuit de Barcelona-Catalunya telah selesai pekan ini. Tikungan 10 sekarang memiliki zona run-off yang diperpanjang dan, yang terpenting, tata letak lebih bulat.

Tikungan 10 memang sering menjadi bahan perbincangan. Misalnya, saat Jorge Lorenzo menginjak rem di sana pada tahap awal balapan pada 2019 dan juga menyingkirkan Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi.

Baca Juga: Franco Morbidelli Ingin Motor Baru pada MotoGP 2021, tetapi...

"Bagi saya ini adalah kurva seperti di tempat parkir supermarket. Anda bisa mengendarai tata letak yang bagus dengan belokan kiri yang panjang. Tetapi, untuk alasan yang tidak masuk akal bagi saya, kami sekarang memiliki tikungan aneh dan tidak mendapat tempat di lintasan balap GP," kata Rossi saat itu.

Sebagai pengingat, setelah kecelakaan fatal Luis Salom di tikungan terakhir kedua dari belakang pada 2016, beberapa perubahan dilakukan pada rute di Circuit de Catalunya, yang dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan.

Antara lain, Kejuaraan Dunia Sepeda Motor di Tikungan 10 beralih ke varian yang telah digunakan Formula 1 sejak 2004 dengan belokan kiri tajam sehingga lebih lambat.

Rossi tidak sendirian dengan kekhawatirannya, seperti yang ditekankan Alex Rins dengan pandangan ke tikungan 10 yang baru.

"Kami meminta perubahan ini tahun lalu. Jika saya ingat dengan benar, mereka memberi tahu kami di Komisi Keamanan di Le Mans bahwa tata letak dapat diubah," kata Rins dilansir BolaSport.com dari Speedweek.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Kebakaran Besar Hancurkan Venue MotoGP Argentina