Intip Daftar Pebulu Tangkis Indonesia yang Lolos Kualifikasi Olimpiade Tokyo

By Delia Mustikasari - Minggu, 21 Februari 2021 | 11:30 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, tampil pada turnamen simulasi Piala Thomas 2020 di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (1/9/2020) (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Olimpiade Tokyo yang semula dijadwalkan pada 24 Juli-9 Agustus 2020 diundur pelaksanaannya pada 23 Juli-8 Agustus tahun ini.

Penundaan Olimpiade Tokyo dilakukan Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) dan Pemerintah Jepang menyusul pandemi Covid-19.

Cabang olahraga bulu tangkis menjadi salah satu cabang yang diandalkan untuk mendulang medali emas pada Olimpiade.

Baca Juga: Sean Gelael/Tom Blomqvist Jadi Penguasa Asian Le Mans Series Dubai

Saat ini, sudah ada tujuh wakil Indonesia dari bulu tangkis yang sudah masuk zona aman Olimpiade Tokyo. Selain itu, ada satu yang belum masuk zona aman dan dua wakil pada zona cadangan.

Pada sektor ganda putra, Indonesia memiliki 3 wakil di peringkat 8 besar dunia. Namun, sesuai regulasi, suatu negara hanya bisa mengirimkan 2 wakil ganda putra pada Olimpiade.

Regulasi ini berlaku untuk sektor ganda, sementara pada sektor tunggal, suatu negara bisa mengirim maksimal dua wakil jika ada pebulu tangkisnya yang menembus peringkat 16 besar dunia.

Perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo akan dimulai pada Swiss Open (2-7 Maret) dan diakhiri pada Singapore Open (1-6 Juni).

German Open 2021 yang seharusnya digelar di Mülheim an der Ruhr pada 9-14 Maret dan masuk kualifikasi Olimpiade batal karena situasi pembatasan kegiatan akibat Covid-19 di Jerman yang belum mereda.

Sementara itu, untuk strategi pengiriman pemain yang dipersiapkan untuk Olimpiade, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menjelaskan bahwa hal itu berdasarkan ranking Race to Olympic.