Piala Menpora Selesai, Gairah Sepak Bola Indonesia Kembali

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 26 April 2021 | 23:00 WIB
Marco Motta dalam laga Persija vs Persib pada final leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). (SUCI RAHAYU/KOMPAS.COM)

BOLASPORT.COM - Perjalanan panjang untuk menggulirkan kembali sepak bola di tengah pandemi Covid-19 akhirnya bisa terlaksana. Lewat turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021, sepak bola Indonesia bisa bergulir dan berjalan sukses hingga pertandingan terakhir. Rasa khawatir yang dirasakan semua orang terpatahkan dan mulai berpikir bahwa sepak bola Indonesia itu bisa tetap berjalan meski pandemi Covid-19 masih menyerang.

Sepak bola Indonesia sempat tertinggal dari negara-negara tetangga yang dimana mereka sudah menggulirkan kembali kompetisi di tengah pandemi Covid-19. Tidak mau tertinggal, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai menyakinkan pemerintah dan Polri bahwa sepak bola bisa bergulir lagi di Tanah Air. Maklum, sebelumnya Polri tidak memberikan izin keramaian karena angka positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

PSSI dan PT LIB tidak bisa hanya berdiam diri saja walaupun sudah bersabar selama satu tahun lantaran tidak ada sepak bola di Indonesia. Mereka juga melihat situasi ini dengan prestasi sepak bola Indonesia, terutama Tim Nasional. Tanpa kompetisi, banyak pemain dan pelatih banting setir mulai berdagang, ojek online, ataupun hanya menganggur.

PSSI dan PT LIB mulai bergerak pada awal Januari 2021 untuk bertemu Polri demi menyakinkan mereka supaya memberikan izin keramaian. Secercah harapan lewat presentasi protokol kesehatan yang disampaikan PSSI serta PT LIB dan akan diterapkan nanti membuat Polri mulai terbuka. Demi lebih menyakinkan Polri, PSSI dan PT LIB menggandeng Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Komunikasi intens Zainudin Amali ke Polri agar sepak bola di Indonesia bisa kembali bergulir akhirnya mengarah ke positif. Pada pertengahan Februari 2021, Polri akhirnya mengeluarkan izin keramaian. Tetapi izin ini bukan untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Hanya sebatas turnamen pramusim yang akhirnya bernama Piala Menpora 2021. Dalam hal ini, Polri tetap menegaskan protokol kesehatan harus diterapkan selama Piala Menpora 2021 berlangsung.

Kabar gembira itu pun langsung dirasakan oleh semua klub, pemain, pelatih, dan juga suporter yang sudah rindu menyaksikan pertandingan sepak bola di Indonesia. Mereka tidak masalah walaupun izin yang keluar ini adalah turnamen pramusim, bukan kompetisi. Mereka percaya apabila Piala Menpora 2021 berjalan lancar, tentu pihak Polri akan mengevaluasi untuk memberikan izin keramaian kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga: Penjelasan Panitia Pusat The Jakmania terkait Aksi Suporter yang Turun ke Jalan

"Saya akan serahkan surat izin keramaian untuk kegiatan pra kompetisi (Piala Menpora). Kami mau memberikan kesempatan tentunya dengan catatan bahwa penegakan aturan terkait dengan masalah protokol kesehatan itu menjadi syarat utama."

"Dengan adanya kesepakatan tersebut, kita semua harus sama-sama menjaga. Baik sepak bola, baik pemainnya, demikian juga suporter dimanapun nantinya apabila ini diselenggarakan penegakan aturan terkait masalah prokes itu menjadi prioritas," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.