Francesco Bagnaia Bicara Andil Valentino Rossi dalam Kesuksesannya  

By Wawan Saputra - Minggu, 4 Desember 2022 | 07:00 WIB
Legenda MotoGP., Valentino Rossi, bersama pembalap akademinya, Francesco Bagnaia, saat perayaan ulang tahun MotoGP ke-70 di Sirkuit Catalunya, Spanyol, 13 Juni 2019. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Keberhasilan pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, meraih gelar juara dunia MotoGP 2022 kerap dikaitkan dengan peran Valentino Rossi.

Francesco Bagnaia mendapat privilese untuk berlatih bersama Valentino Rossi setelah bergabung dengan Akademi Pembalap VR46 pada 2013.

Francesco Bagnaia mengakui bahwa akademi tersebut telah banyak membantunya selama ini.

Bahkan Bagnaia mengatakan tanpa bantuan Rossi dan akademi, dia belum tentu bisa berada di posisinya sekarang yaitu juara dunia MotoGP.

Gelar juara MotoGP tidak diraih Bagnaia dengan mudah.

Sejumlah hasil gagal finis membuat Bagnaia sempat tertinggal 91 poin dari sang juara bertahan, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), jelang jeda musim panas.

Untungnya berkat dukungan dan juga kepercayaan yang diberikan oleh orang-orang terdekat, termasuk Rossi, membantunya bangkit pada paruh kedua.

Mengenai Rossi, Bagnaia tidak sungkan meminta masukan dari juara dunia sembilan kali ini setiap kali akan menghadapi balapan.

Bagnaia tampil begitu konsisten. Dalam 10 balapan terakhir dia cuma gagal finis tiga besar dua kali dan menang lima kali.

Baca Juga: Pesta Belum Usai, Francesco Bagnaia Diangkat Jadi Warga Kehormatan Pesaro