Shunsuke Nakamura Pensiun Umur 44 Tahun, Akhir Petualangan Seperempat Abad Samurai dari Jepang

By Beri Bagja - Minggu, 25 Desember 2022 | 09:15 WIB
Legenda timnas Jepang, Shunsuke Nakamura saat tampil membela Yokohama F Marinos di Liga Champions Asia (15/4/2014). (TORU YAMANAKA/AFP)

BOLASPORT.COM - Pemain legendaris Jepang, Shunsuke Nakamura, baru saja memutuskan pensiun sebagai pesepak bola.

Shunsuke Nakamura akhirnya menuntaskan karier panjangnya sebagai pesepak bola sekaligus legenda Jepang maupun Asia, pada usia 44 tahun.

Dia memutuskan pensiun pada akhir musim 2022 dengan klub terakhirnya adalah Yokohama FC di Meiji Yasuda J2 League atau kasta kedua Liga Jepang.

Melalui karier seperempat abad sebagai pesepak bola pro, Nakamura lahir pada 24 Juni 1978 di Yokohama dan mulai bermain bola saat berusia lima tahun pada 1983.

Saat berusia 12 tahun, Nakamura bergabung dengan tim muda Nissan Motors FC, klub yang kini dikenal dengan nama Yokohama F. Marinos.

Kemudian Nakamura bergabung ke SMA Toko Gakuen di Kawasaki dan mengantarkan sekolahnya masuk final kompetisi antar-SMA se-Jepang pada 1996.

Selepas lulus SMA pada 1997, Nakamura memutuskan bergabung dengan Yokohama Marinos, kembali ke tim tempat ia menimba ilmu saat kecil.

Baca Juga: Ma'assalamah Qatar 2022, Welcome North America 2026: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui soal Piala Dunia Berikutnya

Nakamura menjalani debut profesionalnya pada 8 Maret 1997 pada laga J.League Cup melawan Verdy Kawasaki atau yang sekarang dikenal dengan nama Tokyo Verdy, dengan bermain 76 menit pada pertandingan tersebut.