Jika Indonesia Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Shin Tae-yong dan Bima Sakti Kombinasi yang Cemerlang

By Abdul Rohman - Sabtu, 8 April 2023 | 17:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Duet Shin Tae-yong dan Bima Sakti akan menjadi kombinasi yang cemerlang untuk menukangi timnas U-17 Indonesia jika Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Bagi Shin Tae-yong, dia mempunyai pengalaman memimpin tim di event Piala Dunia.

Bersama timnas U-20 Korea (Piala Dunia U-20 2017) dan timnas Korea (Piala Dunia 2018).

Kemudian, Shin Tae-yong juga masih terikat kontrak dengan PSSI hingga akhir Desember 2023.

Sementara Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Kalau saya, secara konsisten meminta pelatih timnas yang memegang tim untuk Piala Dunia, orang yang berpengalaman pernah memegang tim di Piala Dunia, Piala Dunia itu beda tantangannya," ucap pengamat sepak bola, Bung Kusnaeni saat dihubungi BolaSport.com.

"Anda bisa bagus memegang tim di klub, tapi belum tentu bagus di tim nasional, anda bisa bagus tim nasional level Asia Tenggara, belum tentu jago di level dunia."

Baca Juga: Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Tinggal Ganti Judul Saja

"Shin (Tae-yong) punya pengalaman itu, kontrak dia juga masih ada, daripada cari pelatih lain, menurut saya lebih baik manfaatkan Shin Tae-yong, apalagi disini kan dia sudah lama, tahu sepak bola Indonesia," sambung Bung Kusnaeni.

Sedangkan Bima Sakti merupakan pelatih timnas U-17 Indonesia.